Berita

 

 

Keikutsertaan PT. Tirta Murni Sertifikasi pada Seminar yang diadakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) & Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada hari kamis, 8 Juni 2017 dalam rangka Hari Akreditasi Dunia 2017 dengan tema "Peranan Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian dalam Pembangunan Sektor Konstruksi & Lingkungan Sekitar.
Sekaligus peluncuran Standar SNI ISO 37001:2017 Sistem Manajemen Anti Suap Oleh Bpk. Prof. DR. Ir. Bambang Prasetya, M.Sc (Kepala BSN) dan Bpk. Teten Masduki (Kepala Staf kepresidenan). Seminar ini juga dihadiri oleh beberapa narasumber, diantaranya :
1. Bpk. Ir. Novel Arsyad, MM (Director Human Capital and System Developer - WIKA)
2. Bpk. Ir. Yusid Toyib, M.Eng.SC (Dirjen Bina Konstruksi)
3. Bpk. Dadang Trisasongko (Transparansi International Indonesia)
4. Bpk. Kukuh S. Ahmad ( Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi).
Lokasi :
Gedung BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)
Bertugas :
1. M. Irfan Akbar
2. Nonong Runtini

 

 

 

Prinsip Manajemen dalam kaitannya dengan Sistem Manajemen Mutu tertuang dalam ISO 9001. Arti prinsip sendiri merupakan suatu kebenaran umum maupun individu yang dijadikan seseorang atau kelompok sebagai pedoman dalam berpikir dan bertindak.

Begitu juga halnya Prinsip Manajemen Mutu dalam ISO 9001 tahun 2015, yang menjadi pedoman bagi siapa saja yang menerapkannya. Berbeda dengan ISO 9001:2008 yang memiliki 8 Prinsip Mutu, pada ISO 9001:2015 hanya terdapat 7 Prinsip Manajemen Mutu.

No ISO 9001:2008 ISO 9001:2015
1 Customer Focus Customer Focus
2 Leadership Leadership
3 Involvement of People Engagement of People
4 Process Approach Process Approach
5 System Approach to Management Improvement
6 Continual Improvement Evidance Based Decision Making
7 Factual Approach Decision Making Relationship Management 
8 Mutual Beneficial Suppliers  

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu, apa saja pengertian dari 7 Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

1. Customer Focus
Fokus Customer adalah prioritas utama dari Sistem Manajemen Mutu. Bentuk aplikasinya adalah dengan memberikan semua kebutuhan yang melebihi harapan Customer untuk ketercapaian kepuasan pelanggan. Sehingga keberlangsungan hidup perusahaan akan terjamin dalam jangka waktu yang panjang.

2. Leadership
Setiap pimpinan yang ada di perusahaan memiliki peran sebagai pelatih yang memiliki target sesuai sasaran perusahaan melalui pemberdayaan karyawan, pembuat keputusan berdasarkan data dan fakta (decision maker) serta membuat standard sistem manajemen perusahaan yang diwariskan untuk genarasi berikutnya.

3. Engagement of People
Menciptakan dan memberikan nilai lebih kepada Customer akan lebih mudah bila didukung oleh personal yang kompeten, mampu diberdayakan dan terlibat di semua tingkatan di seluruh Perusahaan. Bentuk aplikasinya adalah dengan mempromosikan pendekatan proses dan pentingnya kontribusi setiap tingkatan di Perusahaan.

4. Process Approach
Sistem manajemen mutu yang telah ditetapkan di perusahaan bukan dibuat berdasarkan pendekatan departemen, akan tetapi berdasarkan proses murni yang ada di perusahaan dengan melibatkan seluruh pihak yang terkait.

5. Improvement
Perusahaan yang sukses dan mampu bertahan dalam persaingan adalah Perusahaan yang fokus dalam improvement (peningkatan). Bentuk aplikasinya adalah dengan selalu melakukan perubahan melalui peningakatan berkelanjutan baik internal dan eksternal yang disesuaikan dengan iklim perubahan terkini. Sehingga perusahaan akan selalu siap menghadapi persaingan dengan para kompetitor.

6. Evidence Based Decision Making
Membuat keputusan berdasarkan data dan fakta. Bentuk aplikasinya adalah setiap menetapkan kesimpulan dari sebuah permasalahan ditetapkan berdasarkan analisis fakta dan data yang diperoleh selama melakukan analisa. Sehingga keputusan yang diambil akan menghasilkan keputusan yang produktif dan tepat sasaran.

7. Relationship Management
Untuk mempertahankan kesuksesan Perusahaan harus mengelola hubungannya dengan pihak-pihak yang berkepentingan (interested parties) diantaranya adalah para pemasoknya, mitra kerja, karyawan, pemerintah, masyarakat, dll.

Halaman 1 dari 2

Please publish modules in offcanvas position.