Phone: 021-7783 5773
Email: infotimsertifikasi@gmail.com

PRINSIP DASAR ISO 9001

Mengetahui ISO 9001, refleks ingatan langsung terfokus pada setumpuk dokumen dan sebeundel tugas - tugas yang bersifat paper work, bekerja menghabiskan waktu dibelakang meja sambil tak henti-hentinya mengupdate data-data pekerjaan office maupun dilapangan dan mengiput kedalam tabel exel yang membuat bosan, malas, tidak semangat.
Begitulah gambaran yang selama ini ada dibenak kebayakan organisasi/perusahaan, namun benarkah anggapan tersebut? atau kesalahan persepsi beberapa orang saja?
Mari kita cari tau apa itu ISO 9001, semoga dapat memberikan gambaran ringkas dalam mengimplementasikan ISO 9001 dapat diterapkan berdasarkan Standar ini.

Definisi ISO dan Sejarah ISO

ISO berasal dari bahasa yunani dari kata dasar ISOS yang memiliki arti sama, kata ISO buan diambil dari singkatan nama sebuah organisasi atau singkatan International Standar og Organization.
ISO 9001 merupakan standar internasional yang mengatur tentang sistem manajemen mutu (Quality Management System). Maka ISO 9001:2008 adalah sistem manajemen mutu ISO 9001 hasil revisi tahun 2008.
Organisasi pengelola standar internasional ini adalah Intenational Organization for Standardization (IOS) yang berpusat di Geneva-Swiss pada 23 february 1947, yang kini beranggotakan 147 negara yang mana setiap negara diwakili oleh badan standardisasi nasional yaitu Komite Akreditasi Nasional (KAN) dari Indonesia.